Teknologi Gembok Sepeda Canggih

       Teknologi Gembok Sepeda Canggih - Penggunaan sepeda semakin meningkat dewasa ini. Bahkan di beberapa negara maju di seluruh penjuru dunia, bersepeda menjadi trend dan gaya hidup yang baru. Seperti di negara Jepang, Belanda, New Zealand, dan Jerman. Di Negara-negara tersebut banyak dijumpai orang yang menggunakan jas menggunakan sepeda ke tempat kerjanya. Selain mengurangi polusi, bersepeda juga menyehatkan badan.

       Bagi anda pengguna sepeda, anda patut berbahagia karena anda berkontribusi untuk tidak menambah polusi yang ada di udara. Tetapi, anda juga patut waspada. Kenapa? karena sepeda anda rawan dicuri. Ya, sepeda merupakan salah satu barang yang mudah dicuri karena relatif ringan untuk diangkat, tidak seperti sepeda motor dan mobil. Oleh karena itu, anda membutuhkan suatu pengaman bagi sepeda anda. Baru - baru ini, di kickstarter, ada sekelompok orang yang mempunyai gagasan tentang teknologi gembok sepeda yang canggih, mereka menamakannya LINKA.


gembok sepeda
Gembok sepeda LINKA (foto : linkalock.com)


     Linka merupakan sebuah gembok sepeda yang digagas oleh sekelompok orang di kickstarter dengan nama akun "Velasso" banyak kelebihan dibanding gembok sepeda lainnya. Berikut ini fitur-fitur yang dimiliki LINKA:

1. Auto - Unlocking / Membuka Gembok Secara Otomatis

       Linka mempunyai fitur auto-unlock atau membuka gembok secara otomatis, jadi anda tidak perlu membawa kunci. Saat anda mendekati sepeda anda, Linka akan mengenali anda dan membuka secara otomatis. Benar-benar teknologi gembok sepeda yang cepat, nyaman, dan mudah

2. Built - in Siren / Sirene yang Telah Terpasang

            Linka juga dilengkapi dengan sirene yang melengking dengan kekuatan 100 dB. Dengan kekuatan suara seperti itu, dapat dipastikan perhatian semua orang akan ke maling yang mencuri sepeda itu. Dengan teknologi accelerometer triple - axis canggih Linka, mereka telah mengurangi kemungkinan alarm palsu. Sehingga linka dapat membedakan gerakan maling dibandingkan dengan gangguan karena seseorang menabrak sepeda anda pada suatu kecelakaan.
       
3. Recognized Locking

          Anda tidak perlu membawa kunci untuk menggembok sepeda anda lagi karena untuk mengunci linka anda hanya perlu menekan sebuah tombol yang berada di gembok sepeda. Setelah anda menekan tombol itu, Linka akan otomatis mengunci perlahan dan taraa.. tidak ada seorangpun yang dapat mencuri sepeda anda. Linka mengunci selalu dengan cara yang sama memastikan sepeda anda tidak bergerak dan mengendarainya pergi.
4. Temper Alerts

        Fitur ini memastikan anda merasa aman ketika anda meninggalkan sepeda anda. Linka akan terhubung ke perangkat anda sehingga jika ada seseorang yang berusaha membuka gembok linka atau berusaha mencuri sepeda anda, akan ada peringatan di smartphone anda. Pengembang teknologi gembok canggih ini telah melengkapi linka dengan teknologi jaringan Bluetooth 4.0 yang mempunyai range sampai 400 kaki persegi. Jika anda berada di luar range tersebut, maka anda juga akan diberitahu lewat smartphone anda. Dengan adanya fitur ini pengguna sepeda tidak perlu khawatir akan keamanan sepedanya.

5. Phone - Less Access

       Bagaimana jika anda tidak mau bersusah payah menggunakan smartphone? tenang, anda dapat memilih opsi lainnya, yaitu menggunakan 4 digit kode. Cara menggunakannya adalah dengan menginput 4 - digit kode tersebut ke tombol yang ada di gembok sepeda tersebut.
6. Theft Indicator Map

         Fitur ini akan hadir pertengahan tahun 2016, tapi masih terbatas di region United States. Ketika anda hendak mengunci sepeda anda di suatu tempat, dengan teknologi ini anda akan diperingatkan jika tempat itu merupakan tempat yang rawan pencurian. Selain itu, anda juga akan diberi rekomendasi tempat parkir yang aman

7. Lightweight / Berat yang ringan

       Linka memiliki berat kurang dari 700 gram atau kurang dari 1,6 lbs. Dengan berat yang hanya sekian, tidak akan berpengaruh terhadap beban yang akan anda tanggung ketika bersepeda, serta tidak akan mengganggu aktifitas bersepeda anda.

8. Long Battery Life

       Untuk pemakaian normal dengan baterai diisi penuh, linka dapat bertahan sampai 9 bulan hingga baterai habis. Ketika baterai tinggal 5% anda akan diberi peringatan untuk men-charge linka anda.


Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.